Laporan Lengkap Praktek kerja industri ( PKL )
MENANGANI
KEBERSIHAN LINEN-LINEN, UNIFORM, MAUPUN BAJU TAMU
DI GINO FERUCI
BRAGA HOTEL BANDUNG
Laporan
ini di ajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti uji kompetensi dan
kenaikan kelas
Disusun
Oleh :
Ira
Krisdayanti
NIS
: 63171
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
WIDYA
UTAMA
AKOMONDASI
PERHOTELAN
BANDUNG
2015
LEMBAR PENGESAHAN
SEKOLAH
Mengetahui
(Wawan
Sawaludin, DIPL.H) (Hani
Andriyani, S.Pd)
Ketua
Program Pembimbing
(Iman
Sulaeman)
KEPALA
SEKOLAH
LEMBAR PENGESAHAN
HOTEL
Mengatahui
:
HRD
Manager
(Putri
Tania)
EHK :
(Agus
Setiawan)
KATA PENGANTAR
Bismillahhirohmannirohim
Alhamdulilah puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena
berkat pertolongan dan izin-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) selama 4 Bulan di GINO FERUCI BRAGA HOTEL BANDUNG dan
sampai pada pembuatan laporan akhir ini bisa terselesaikan dengan baik.
Laporan ini tidak dapat selesai sesuai dengan yang diharapkan tanpa bantuan
dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih
sebesar-besarnya kepada:
1. Allah S.W.T yang telah memberikan tenaga
dan pikiran sehingga dapa menyelesaikan laporan ini dengan tepat waktu.
2. Dan tak lupa kepada Orang tua yang telah
banyak membantu dalam hal moril maupun materi, karena tanpa dukungan dan do’a
saya tidak dapat menyelesaikan laporan ini.
3. DR.Dadi Permadi Selaku Ketua Yayasan
PAIDIEA CENTER.
4. Dra.Hj komala, M.M.Pd selaku Kepala
Sekolah SMK Widya Utama.
5. Bapak. Wawan Sawaludin, DIPL.H selaku
ketua program.
6. Ibu Hani Andriyani, S.Pd Selaku
Pembimbing.
7. Ibu Azfia Agustina, S.Pd Selaku Wali
Kelas.
8. Ibu Ratu Irma selaku General Manager.
9. Ibu Putri Tania selaku HR Coordinator.
10. Bapak. Agus Setiawan selaku Executive Housekeeper.
11. Bapak. Miftahul alum ,AmriSaputra, Andri Maulana, Budiman selaku Housekeeping
Supervisor.
12. Seluruh teman-teman Prakerin lainnya yang telah memberi dukungan dan
bantuannya (Devi, Tira, Feby, Alda, Puput, Rudiansyah, Bagas,Rifki )
13. Serta kepada seluruh staf dan karyawan GINO FERUCI BRAGA HOTEL BANDUNG (
Brian octorra, maulana yusuf, Irwan kurniawan, cepy, Abdul Rohman, Dhita, Dicky Santosa, Dede,
Aldy, Dheny, Kiki, Indra, Yadi)
Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena
itu kami mengharapkan kritik dan saran dalam penyusunan laporan ini.
Akhir kata kami berharap laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita
semua, Amin
Bandung,Mei
2015
Ira Krisdayanti
DAFTAR
ISI
Lembar
pengesahan I
Lembar
pengesahan II
Kata
Pengantar......................................................................................................................i
Daftar
Isi
BAB
I PENDAHULUAN
Latar
Belakang............................................................................................................1
Rumusan
Masalah
PRAKERIN..................................................................................2
Batasan
Masalah
PRAKERIN....................................................................................3
Tujuan
dan Manfaat
PRAKERIN...............................................................................3
Sistemaika
Penulisan...................................................................................................4
BAB
I LANDASAN TEORI
2.1
Sejarah Pendirian Pendirian
Perusahaan.....................................................................6
2.2
Sruktur
Organisasi....................................................................................................
16
2.3
Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja
..................................................................... 20
BAB
IIIPELAKSANAAN PRAKTEK KERJA DI PERUSAHAAN
3.
1 Pelaksanaan Jenis
Kegiatan......................................................................................21
3.1.1
Jenis-Jenis
Kegiatan...........................................................................................21
3.
1.2 Langkah-Langkah Kerja/Proses
Kerja..............................................................22
3.
1.3 Hasil yang Diharapkan......................................................................................26
3.2
Hambatan-Hambatan yang di
Alami.....................................................................27
BAB
IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan................................................................................................................28
4.2
Saran-Saran................................................................................................................30
DAFTAR
LAMPIRAN
FOTO
COPY JURNAL PRAKERIN
FOTO
COPY PELAKSANAAN PRAKERIN
Daftar
Pustaka
Riwayat
Hidup
...........................
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sejarah
perkembangan hotel di Indonesia sudah di mulai sejak zaman dahulu, Pada abad ke-18 di kota-kota besar Eropa dan Amerika, mulai bermunculan
hotel-hotel modern. selain memiliki fasilitas lengkap dan juga memiliki jumlah kamar yang banyak.
Hotel-hotel modern mulai didirikan di banyak
kota besar, seperti London, Paris, Newyork, Boston, San Fransisco, dan lainnya.
Para pengelola hotel-hotel ini tidak hanya menawarkan paket pelayanan kamar
saja, tetapi juga mulai menyediakan tempat pertemuan dan konverensi beserta
perangkat teknologi terbaru yaitu telepon dan televisi.
Di Indonesia perkembangan hotel secara modern diawali
dengan dibukanya Hotel Indonesia pada tahun 1962 di Jakarta. Para pengusaha
nasional pada waktu itu membentuk suatu asosiasi yang disebut dengan Organisasi
Perusahaan Sejenis (OPS). Saat ini
di Indonesia telah terdapat organisasi untuk usaha perhotelan yang disebut
Perhimpunan Hotel dan Restaurant
(PHRI). PHRI
berperan sebagai asosiasi yang berpartisipasi dalam perkembangan usaha
perhotelan dan usaha restaurant.
Hotel adalah suatu layanan akomodasi yang
mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk jasa penginapan,
makan dan minum serta jasa penunjang lainnya yang di peruntukan untuk
umum dan di kelola secara komersial.
Keberhasilan suatu hotel untuk memiliki banyak
pelanggan atau tamu bukan hanya dari pihak dalam maupun kegiatan di dalam hotel,
perlu ada kegiatan penunjang lain dalam meraup banyak tamu contohnya promosi
dengan menggunakan fasilitas seperti baligho, iklan, koran, televisi dan yang
canggih adalah internet.
Praktek kerja lapangan adalah salah satu bentuk
program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang di
peroleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai
tingkat keahlian tertentu.
Rumusan Masalah
Rumusan
masalah pada laporan ini sebagai berikut :
Bagaimana
cara menangani kebersihan pakaian tamu?
Apa
pengertian Laundry, beserta tugas, dan tanggung jawab seorang Laundry?
Batasan Masalah
Berhubung banyaknya masalah yang ada di Gino
Feruci Braga Hotel maka penulis batasi masalah dalam laporan ini “MENANGANNI
KEBERSIHAN LINEN-LINEN, UNIFORM, MAUPUN BAJU TAMU DI GINO FERUCI BRAGA HOTEL
BANDUNG “
Tujuan
dan Manfaat
Tujuan
dari prakerin sebagai berikut :
Memperkenalkan siswa kepada dunia usaha.
Memberikan
suatu motivasi dalam diri siswa siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan
pekerjaan sesuai dengan bidangnya
Membentuk
mental siswa atau siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten
Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profosional
yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas
terhadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi dunia usaha yang
sesungguhnya.
Meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap
jenis – jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan Prakerin.
Agar siswa siswi dapat menghayati proses
kegiatan mengenal industri atau usaha secara luas, sehingga dapat
membawa pengalaman kerja lapangan tersebut dalam proses pendidikan pengajaran
pada saat selesainya Prakerin
Sebagai
salah satu syarat mengikuti Ujian Kenaikan Kelas
Manfaat
prakerin
Adapun
manfaat dari Prakerin sebagai berikut :
Agar
siswa mengetahui dan mengenal lapangan kerja yang sebenarnya
Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan keterampilan yang di miliki siswa sebagai bekal
memasuki dunia kerja yang dipilih sehingga tidak merasa canggung bila terjun ke
dunia kerja
Siswa
atau siswi mengetahui kerja langsung di lapangan
Mempermudah
melamar ke perusahaan lain.
1.5
Sistematika Penulisan
Dalam pembuatan laporan akhir Praktek Kerja
Industri, penulis menguraikan sistematika penulisan laporan sebagai berikut :
BAB I Pendahuluan
Yang
menjelaskan tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan
dan Manfaat , Sistematika Penulisan
BAB
II Landasan Teori
Menjelaskan
tentang Sejarah Pendirian Perusahaan, Struktur Organisasi, Displin Kerja dan
Keselamatan Kerja
BAB III
Pelaksanaan Praktek Di Perusahaan
Menjelaskan Pelaksanaan Jenis Kegiatan,
Jenis-Jenis Kegiatan, Langkah-Langkah Kerja/Proses Kerja, Hasil Yang Di
Harapkan, Hambatan-Hambata Yang Di Alami
BAB
IV Penutup
Yaitu Kesimpulan Dan Juga Saran-Saran
Daftar
Lampiran
FOTO
COPY JURNAL PRAKERIN
FOTO
PELAKSANAAN PRAKERIN
..........................................................
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Sejarah
pendirian perusahaan Gino Feruci Braga Hotel Bandung
Hotel Gino
Feruci Braga adalah hotel ke 10 yang didirikan oleh KAGUM GROUP, terletak di pusat kota Bandung tepatnya di Jalan Braga nomor 67, Hotel Gino Feruci
Braga memiliki akses yang sangat mudah menuju Stasiun Kereta Api maupun Bandara
Internasional Husein Sastranegara, Selain itu juga terletak di lokasi yang sangat
strategis bagi wisatawan yang mencari tempat kuliner, hiburan maupun tempat
perbelanjaan yang ada di kota Bandung.
Hotel Gino Feruci Braga Bandung resmi beroperasi pada tanggal 23 September 2012 dan diresmikan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada. Ceremony pembukaan dilaksanakan dengan pemotongan tumpeng serta pelepasan 10 burung merpati dan 100 balon. Ini menandakan Hotel Gino Feruci Braga Bandung hotel ke-10 yang ada di kota Bandung
Hotel Gino Feruci Braga Bandung, memiliki 131 kamar yang terbagi menjadi beberapa tipe, Superior, Deluxe, Executive dan Suite. Hotel dengan bangunan 17 lantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, terdapat 14 ruang pertemuan yang terbagi dalam berbagai macam ukuran dan kapasitas, dan dapat menampung hingga 130 orang. Selain itu, fasilitas lain yang diberikan adalah D’Rissoto Restaurant, yang menawarkan menu yang berkualitas dengan cita rasa lezat yang disajikan langsung oleh Chef Gino Feruci Braga Bandung
Terdapat juga Chianti Lounge and Bar yang berada di area lobby, memiliki suasana yang nyaman dan menyediakan berbagai macam minuman yang menyegarkan. Terdapat juga Sub.lime sky lounge yang berada di lantai 17 dengan pemandangan kota bandung dan semi outdoor yang menyediakan berbagai macam minuman alkohol dan non alkohol serta berbagai makanan lezat berkualitas. Selain itu, Palazzi Party Venue, dengan luas 870sqm, Palazzi merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk semua kebutuhan para tamu, dengan konsep indoor dan outdoor, yang berada di lantai 5, dengan pemandangan kota Bandung. pendukung lainnya adalah pusat niaga, pusat kebugaran dan juga kolam renang, yang berada di lantai 5, untuk Anak-anak dan Dewasa.
Hotel Gino Feruci Braga Bandung resmi beroperasi pada tanggal 23 September 2012 dan diresmikan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada. Ceremony pembukaan dilaksanakan dengan pemotongan tumpeng serta pelepasan 10 burung merpati dan 100 balon. Ini menandakan Hotel Gino Feruci Braga Bandung hotel ke-10 yang ada di kota Bandung
Hotel Gino Feruci Braga Bandung, memiliki 131 kamar yang terbagi menjadi beberapa tipe, Superior, Deluxe, Executive dan Suite. Hotel dengan bangunan 17 lantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, terdapat 14 ruang pertemuan yang terbagi dalam berbagai macam ukuran dan kapasitas, dan dapat menampung hingga 130 orang. Selain itu, fasilitas lain yang diberikan adalah D’Rissoto Restaurant, yang menawarkan menu yang berkualitas dengan cita rasa lezat yang disajikan langsung oleh Chef Gino Feruci Braga Bandung
Terdapat juga Chianti Lounge and Bar yang berada di area lobby, memiliki suasana yang nyaman dan menyediakan berbagai macam minuman yang menyegarkan. Terdapat juga Sub.lime sky lounge yang berada di lantai 17 dengan pemandangan kota bandung dan semi outdoor yang menyediakan berbagai macam minuman alkohol dan non alkohol serta berbagai makanan lezat berkualitas. Selain itu, Palazzi Party Venue, dengan luas 870sqm, Palazzi merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk semua kebutuhan para tamu, dengan konsep indoor dan outdoor, yang berada di lantai 5, dengan pemandangan kota Bandung. pendukung lainnya adalah pusat niaga, pusat kebugaran dan juga kolam renang, yang berada di lantai 5, untuk Anak-anak dan Dewasa.
Keistimewaan Gino Feruci Braga Hotel Bandung
yaitu dari segi lokasi yang mudah di jangkau kendaraan dan fasilitas yang
lengkap dapat memuaskan bagi siapa saja yang berkunjung dan menginap.
Gino Feruci Braga Hotel Bandung merupakan Hotel
yang berada di bawah naungan PT Kagum Yakin Abadi yang didirikan pada akhir
tahun 2007 hotel pertama yang dikelola Kagum Group adalah Grand Serela yang
telah beroperasi selama 4 tahun, dengan target mengelola 5 hotel pada akhir
tahun 2009 dengan 5 hotel tambahan pade fase berikutnya. Target memiliki
1000 buah kamar pada akhir tahun 2009. Dan ciri khas yang unik dan berbeda pada
setiap hotelnya
Klasifikasi Kamar di Gino Feruci Braga Hotel
Bandung
Adapun beberapa fasilitas-fasilitas yang ada di
Hotel Gino Feruci Braga diantaranya :
ROOM TYPE
|
Size
|
Twin
|
King
|
Total Room
|
Superior
|
20 m²
|
54
|
36
|
90
|
Deluxe
|
23 m²
|
18
|
9
|
27
|
Executive
|
26 m²
|
-
|
9
|
9
|
Suite
|
52 m²
|
-
|
5
|
5
|
Jenis
Kamar
Hotel Gino Feruci Braga memiliki 131 kamar,
adapun jenis kamar diantaranya :
Superior yang ada di lantai 6 yaitu :
603, 606, 608, 610, 611, 612, 615, 616, 617, dan 618.
di lantai 7 yaitu : 703, 706, 708, 710, 711,
712, 715, 716, 717, dan718.
di lantai 8 yaitu : 803, 806, 808, 810, 811,
812, 815, 816, 817, dan 818.
di lantai 9 yaitu : 903, 906, 908, 910, 911,
912, 915, 916, 917, dan 918.
di lantai 10 yaitu : 1003, 1006, 1008, 1010,
1011, 1012, 1015, 1016, 1017, dan 1018.
di lantai 11 yaitu : 1103, 1106, 1108, 1110,
1111, 1112, 1115, 1116, 1117, dan 1118.
di lantai 12 yaitu : 1203, 1206, 1208, 1210,
1211, 1212, 1215, 1216, 1217, dan 1218.
di lantai 15 yaitu : 1503, 1506, 1508, 1510,
1511, 1512, 1515, 1516, 1517, dan 1518.
di lantai 16 yaitu : 1603, 1606, 1608, 1610,
1611, 1612, 1615, 1616, 1617, dan 1618.
Deluxe
yang ada di lantai 6 yaitu : 602, 619, dan 620
di lantai 7 yaitu : 702, 719, dan 720.
di lantai 8 yaitu : 802, 819, dan 820.
di lantai 9 yaitu : 902, 919, dan 920.
di lantai 10 yaitu : 1002, 1019 dan 1020.
di lantai 11 yaitu : 1102, 1119, dan 1120.
di lantai 12 yaitu : 1202, 1219, dan 1220.
di lantai 15 yaitu : 1502, 1519, dan 1520.
di lantai 16 yaitu : 1602, 1619, dan 1620.
Executive yang ada di lantai 6 yaitu : 601.
di lantai 7 yaitu : 701.
di lantai 8 yaitu : 801.
di lantai 9 yaitu : 901.
di lantai 10 yaitu : 1001.
di lantai 11 yaitu : 1101.
di lantai 12 yaitu : 1201.
di lantai 15 yaitu : 1501.
di lantai 16 yaitu : 1601.
Suite, ada 5
kamar yaitu kamar 668, 768, 868, 968, dan 1068
Adapun fasilitas yang disediakan di kamar
diantaranya
City
center view
Comfortable
Beds.
Make
up room.
Pick
up laundry.
Hot or
Cold Water.
Coffee
and Tea Maker.
Free
Internet Access.
Rain
shower.
Telephone.
Flat
LCD Television.
King
size bed (2x2).
Twin size
bed (1,35x2).
24
hours room service.
Kiblat
sign.
Individual
air conditioning.
In
room deposit box (Laptop Size).
Smoking
& Non Smoking room.
Hair
dryer.
55 tv
channel.
Guest
room amenities.
Guest
stationary.
2 bottles
of purified water.
Complimentary
Shoeshine.
Bath
Tube (Only Suite Room)
Gambaran Meeting Room di Gino Feruci Braga Hotel
Bandung
Gino Feruci Braga Hotel Bandung Memiliki 14 meeting rooms, diantaranya :
Bologna
(30-60 pax),
Monza (36-90 pax),
Teramo
(5-10 pax),
Cremona (15-40 pax),
Anzio(5
pax),
Tivoli
(5 pax),
Genoa (30-80 pax),
Palermo
(30-80 pax),
Perugia (18-50 pax),
Modena
(30-70 pax),
Brescia (36-90 pax),
Pescara
(5-10 pax),
Bolzano
(42-120 pax),
Salerno (36-90 pax).
Palazzi Party Venue (100-300 pax)
Fasilitas Gino Feruci Braga Hotel Bandung
Business
center.
Free
internet access (WIFI).
D'Rissoto
restaurant.
Arcantara
spa and fitness center.
Concierge
service.
Out
door and kids pool with pool desk.
24 hours
security.
Chianty
Lobby Lounge.
Sublime
Sky Lounge
Penjemputan dari Airport / Train Station.
Welcome
Drink.
3 Guest Elevator.
Laundry
& Dry cleaning
Shopping place at Kagum Group
“Cihampelas Point”, Jl. Cihampelas,
Bandung
“Aladdin” , Jl. Cihampelas , Bandung
“Cat Woman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Superman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Spiderman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Galeria”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Korek Api”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Batman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Super Hero”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Iron Man”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Super Rambo”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Mr.Bean”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Wanted”, Jl. Kebon Kawung , Bandung
“Jet Set”, Jl. Ir. H. Juanda, Bandung
“Runway”, Jl. Ir. H. Juanda, Bandung
“Gossip”, Jl. Ir. H. Juanda Bandung
“Jessie James”, Jl. R.E.Martadinata, Bandung
“Stamp”, Jl. R.E.Martadinata, Bandung
“Lily ‘n Rose Lifestyle Store”, Jl. Riau 57
Bandung
“KPK”, Jl.Cihampelas, Bandung
“Rumah
ABG”, Jl.Chimapelas 147 Bandung
Tempat
Oleh - Oleh Terdekat Dari Hotel
Kartika Sari : Jl H Akbar No 4, Jl Ir H Juanda, Jl Terusan Jakarta, Jl Buah Batu, Dago
Brownies Kukus Amanda
: Jl Lengkong Kecil
Soes Merdeka : Jl Merdeka, Jl Buah Batu dan Jl Jend Gatot Subroto
Maicih : Ma Icih hanya dijual di dalam mobil, dengan lokasi penjualan yang tidak
menentu
Keripik Karuhun : Untuk mengetahui lokasi penjualan, Anda harus melihat twitter Keripik
Karuhun, yaitu @keripikkaruhun
Toko Roti Jadul Sidodadi : Jl. Otto
Iskandar Dinata 255 Bandung
Roti Bawean
: jl. Bawean no 4
Bagelen Toko
Kue Abadi : Jl. Purnawarman 49
Bagelen
Merbabu Bread & Cookies : Jl. Karang Mulya no 8 Setiabudi
Kopi
Aroma : Jl. Banceuy no 51 Bandung
Gepuk Ny.
Yong : Jl. Pasundan no 15, Jl. Sawo no 6, Jl. Setiabudi no 144, Jl. RE Martadinata no 57
2.2
Struktur Organisasi Hotel
General Manager
|
Execuvitve Secertary
|
Room Division Manager
|
Executive Chef
|
Asst FBM
|
CA
|
HRD
|
Shift Leader HK
|
Laundry Attendent
|
Asst CE
|
HK Supervisior
|
Executive HK
|
Room Attendent
|
HK Supervisior
|
Room Attendent
|
Asst DOS
|
Shift Leader
|
Trainee
|
Struktur
Organisasi Departement
Trainee
|
Room Attendant
|
Shift Leader
|
Room Attendant
|
Room Attendant
|
HK Supervisor
|
Laundry Attendant
|
Executive Housekeeping
|
Shift Leader
|
HK Supervisor
|
Hotel Operational memiliki
beberapa departement yang memiliki tujuan yang sama yaitu membuat tamu merasa
nyaman dan puas ketika menggunakan fasilitas hotel. Setiap departement memiliki seorang pimpinan atau manager yang bertanggung jawab kepada General Manager sebagai pimpinan tertinggi dalam organisasi hotel.
Berikut adalah departement yang ada di hotel :
Front Office Departement
Departement bagian depan hotel yang
bertanggung jawab menyambut ,
Melayani tamu dari mulai check in , handling complaint , hingga check out,
Bertugas juga untuk mengurus
pesanan dan penjualan kamar kamar.
Food and Beverage Departement
Suatu departement yang bertanggung jawab menyediakan makanan dan minuman
yang di butuhkan oleh tamu, Food and
Beverage departement di bagi dalam 2 bagian , yaitu :
Food and beverage Service
Bagian yang melakukan
pelayanan makanan dan minuman atau bagian tata hidang (waiteer/waitrees)
Food and beverage Product
Bagian yang berperan memproduk atau menciptakan makanan
yang berkualitas untuk sebuah hotel atau restaurant.
House Keeping Departement
Suatu departement yang
bertanggung jawaab menjaga , merawat dan membersihkan seluruh area hotel baik
eksternal maupun internal.
Engineering Departement
Suatu departement yang
bertanggung jawab dalam hal teknisi atau proyek di area hotel tersebut.
Accounting Departement
Suatu departemen yang
berhubungan dengan kasir yang melakukan pembayaran gaji , uang service, upah
lembur, serta menguruskan pembukuan serta keuangan.
Sales dan Marketing Departement
Suatu deprtement yang
mempromosikan produk unggulan sebuah hotel bertgas untuk pemasaran dari pada
produk hotel.
Security
Bertanggung jawab di dalam merencanakan pengawasan
terhadap keamanan dan ketertiban hotel
2.3 Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja
2.3. 1 Disiplin Kerja
Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja
Datang tepat waktu
Tidak Memainkan Handphone Pada Saat Jam Kerja
Mematuhi Peraturan Yang Sudah di Terapkan di
Hotel
Memberikan Pengaruh Positif Dalam Dunia Kerja
Apabila Tidak Masuk Kerja di Haruskan
Memberitahu dan Memberi surat Izin/Sakit
Memberikan Pengaruh Positif Dalam Dunia Kerja
Memelihara dan Menjaga Property dan Aset
Perusahaan
Keselamatan Kerja
Jauhkan Benda Yang Mudah Terbakar
Harus teliti pada saat mencuci pakaian tamu
Berhati-hati Pada Saat Menggunakan Chemical
......................................................................................
BAB III
PELAKSANAAN
KERJA DI PERUSAHAAN
Pelaksanaan Jenis Kegiatan
3.1.1 Jenis-Jenis Kegiatan
Cleaning
area Laundry (Membersihkan
seluruh area laundry dari mulai)
Take
out Laundry (mengambil pakaian
kotor di kamar yang akan di laundry)
Mencatat laundry (setelah
mengambil pakain di kamar)
Marking (menandai pakaian tamu agar tidak tertukar dengan pakaian tamu yang
lain )
Sortir (memisah-misahkan cucian tamu dasar)
Washing (melaksanakan proses pencucian )
Drying (proses pengeringan pakaian)
Iron (proses menyetrika)
Packing
(proses membukus pakaian tamu)
Billing (tagihan pembayaran)
Delivery
Laundry (mengantar pakaian tamu
yang sudah di cuci/bersih)
Posting (memposting
bill pembayaran laundry )
Membawa soil (Membawa soil
pada setiap room boy)
Menyortir soil (memilih
macam-macam linen antara lain yaitu, sheet, duffe, pillow case,
hand towel, bath math, bath towel, dll)
Menghitung soil (menghitung soil untuk
di cuci keluar)
3.1.2 Langkah-Langkah Kerja
Cleaning
area Laundry :
Membersihkan mesin pengering :
Membersihkan debu yang ada pada mesin
Mengecek mesin pengering
Membersihkan mesin pencuci :
Mengecek mesin cuci
Membersihkan kotoran yang ada didalam mesin cuci
Membersihkan rak linen :
Merapihkan linen,
towel ke dalam rak
Memilah - milah linen yang masih bagus dengan linen yang sudah sobek
Membersihkan area laundry
Swiping
Mopping
Mengtake
out yang tidak perlu di simpan di laundry
Take
out laundry :
Menekan bell sambil berkata (Housekeeping)
Lalu menanyakan (apakah ada laundry)
Mengambil pakaian kotor di kamar
Menuliskan nomor room
Marking ke dalam log book laundry
Mencatat laundry
:
Mencatat pada loog book laundry
Mencatat tanggal, nomor room, item, jenis
pakaian, warna dan merk
Marking :
Menuliskan tanggal, nomor kamar, item, jenis pakaian, warna dan merk pakaian dengan teliti
Menuliskan nomor kamar pada kertas khusus marking
Lalu menempelkan nya pada kerah baju dengan stapler
Sortir
Jenis bahan
Bentuk cucian
Tingkat pengotoran
Warna cucian
Sortir pakaian yang putih dengan pakaian yang
warnanya mudah pudar
Washing
Memasukkan pakaian
Menuangkan chemical,
softener
Mengatur banyaknya air
Mengatur kekuatan memutar
Mengatur waktu mencuci
Drying
Memasukan pakaian kedalam tumbler
Mengatur suhu
Mengatur waktu pengeringan
Iron
Prepare pakaian yang akan disetrika
Mengatur suhu iron
Semprotkan pewangi pakaian
Setrika pakaian dengan rapih
Packing
Rapihkan pakaian sebelum di masukkan ke dalam
plastik
Masukkan pakaian yang sudah rapih
Lalu beri perekat agar rapih pada saat di packing
Billing
Menuliskan tanggal,nomor kamar
Jenis pakaian, berapa item
Menghitung semua jumlah pakaian
Delivery
Laundry
Menelpon tamu terlebih dahulu
Menanyakan apakah pakaiannya
mau di antarkan sekarang atau nanti
Bell 3x apabila mau di antarkan sekarang
Posting
Menuliskan nomor kamar
Menuliskan berapa item pakaian
Menjumlahkan berapa semua laundryan
Mengantarkan bill ke front office
Membawa soil
Membawa soil
ke setiap room boy
Mengecek setiap pantry
Menyortir soil
Memilih-milih soil dan menyimpan
ketempatannya
Menghitung soil
Menghitung semua soil
Menuliskan berapa sheet, pillow case, hand towel, bath math, bath towel yang kotor
untuk di cuci keluar
3.1.3
Hasil yang diharapkan
Hasil
yang di harapkan selama penulis melaksanakan Praktek kerja industri (Prakerin)
adalah :
Mampu mengetahui tugas dan tanggung seorang petugas laundry yang baik dan benar
Mengetahui langsung cara kerja di lapangan
Penulis menjadi lebih mengetahui tata cara menangani jas dengan alat steamer
Penulis dapat membedakan teori yang dapat di
sekolah dan di lapangan
Penulis dapat membawa ilmu dari hotel untuk
bekal penulis bekerja nantinya
Penulis dapat melaksanakan praktek lapangan
kerja secara baik dan benar dengan prosedur yang sesuai standar hotel.
3.2 Hambatan-hambatan yang di alami
Kurangnya persediaan iron (alat setrika)
Adanya peralatan yang harus di ganti seperti: roda troley, tumbler, dll.
Kurangnya karyawan tetapi tamu yang ingin
mencuci banyak
Kurangnya macam-macam chemical yang tersedia di hotel
Kurangnya kerja sama antar department
Kurang
nya mesin untuk memproses cucian tamu
......................................................................................
BAB IV
PENUTUP
4. 1 Kesimpulan
Housekeeping
Departement adalah salah satu departement yang berperan penting dalam sebuah hotel, dalam hal
menjaga dan merawat kebersihan dan keasrian seluruh area hotel.
Housekeeping
departement
terbagi lagi dalam beberapa section,
yaitu : Room, Public Area, Laundry,
Gardener, Order Taker. Setiap section
tentunya memiliki peranan dan tugasnya masing-masing, dan satu dengan yang lain
saling terikat dan membutuhkan.
Housekeeping
departement mendukung keberadaan departement- departement yang berada di Gino Feruci Braga Hotel
Bandung
Penulis dapat melaksanakan praktek lapangan
kerja secara baik dan benar dengan prosedur yang sesuai standar hotel, selama 4 Bulan
Seksi yang mempunyai
tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen
yang bersih untuk keperluaan kamar, restaurant dan meeting
room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian
tamu yang kotor.
Saran-saran
Saran-saran
hotel
Perbanyak karyawan
Tetap jaga hubungan kekeluargaan antar departement
Tingkat kan kualitas laundry agar lebih baik
Perbanyak chemical
Mohon diadakannya team general cleaning (GC) khususnya untuk ruang lingkup laundry
Meningkatkan sarana dan prasarana di hotel agar
operasional kerja bisa berjalan dengan lancar tanpa ada complaint
Memperluas smoking araea dan memberikan ruang
terbuka untuk para tamu yang meroko.
Senior seharusnya dapat memberikan bimbingan
dengan baik secara berkala kepada daily
worker maupun trainee nya
Memberikan
fasilitas yang lengkap bagi karyawan seperti menambah lift karyawan agar fasilitas tamu tidak dipakai oleh karyawan
Untuk
menunjang kelancaran operasional kerja housekeeping
diharapkan agar kelengkapan peralatan lebih dilengkapi
Saran
saran untuk sekolah :
Sebaiknya sekolah mempersiapkan siswa dengan
banyak materi agar siswa tidak canggung untuk melakukan prakerin
Sebaiknya fasilitas-fasilitas di sekolah lebih
di tingkatkan lagi
Tambahkan
lagi ruang untuk praktek siswa
Mengharapkan
agar pihak sekolah melengkapi peralatan praktek seperti : alat-alat housekeeping chemical, mesin-mesin
............................................................................
Daftar Pustaka
Sumber
:
Gino Feruci Braga Hotel Bandung
Ibu Putri
Tania selaku HR Coordinator
Buku catatan selama PRAKERIN
Supervisor
(
tata cara menangani laundry tamu)
Good information, thx
ReplyDeleteTitip
ReplyDeletehttp://aminmaulani.blogspot.co.id/2015/11/contoh-laporan-pkl-di-peternakan.html
Walaupun contoh laporan pklnya perhotelan, setidaknya bisa buat contoh lah.
ReplyDeletebagus
ReplyDeleteIbagus sih tapi kurng lengkap stidakny asertakan dengn foto foto agar dapat di mengrti lgi
ReplyDeleteSangat membantu dgn kondisi saya yg juga lagi PKL di hotel,,
ReplyDeleteLaporannya bagus kak dan sangat berpengalaman sekali cerita kakak☺��
ReplyDeleteBagus banget sih tapi kurang lengkap dagan foto fotonya hotel tersebut,tpi saya rasa ini pengalaman yng paling bagus deh
ReplyDeleteSangat membantu good
ReplyDeleteGood sekali
ReplyDeletesangat detail sekali ka, trimakasih membantu sekali buat saya;)
ReplyDeletesangat detail sekali ka, trimakasih membantu sekali buat saya;)
ReplyDeleteTerima kasih kaka sudah memberikan ini ,ini cukup membantu saya
ReplyDelete